BALIKPAPAN, globalnusantara.co.id – Upaya memperkuat tata kelola kelembagaan yang modern dan akuntabel kembali ditunjukkan Polda Kalimantan Timur dengan menjalin kerja sama strategis bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), Selasa (15/7/2025) di Hotel Platinum Balikpapan.
Penandatanganan ini menandai langkah konkret sinergi antara kepolisian dan dunia perbankan nasional dalam membangun sistem layanan keuangan yang efektif dan berdaya dukung tinggi terhadap operasional institusi.
Kegiatan berlangsung dengan kehadiran langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Endar Priantoro, S.H., S.I.K., C.F.E., M.H., didampingi Irwasda, para pejabat utama Polda Kaltim, serta pimpinan BRI Regional Office Banjarmasin dan jajaran.
“Kolaborasi ini bukan hanya soal kemitraan formal, tetapi juga menjadi bagian dari reformasi internal Polri untuk menghadirkan sistem yang lebih transparan, cepat, dan profesional, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan,” jelas Kapolda dalam sambutannya.
Melalui kerja sama ini, BRI akan menyediakan dukungan teknis serta layanan keuangan berbasis digital untuk mendukung berbagai kebutuhan administrasi, operasional, dan pelayanan publik yang dilaksanakan di lingkungan Polda Kaltim.
Kerja sama ini juga menjadi bagian dari komitmen menuju Polri Presisi yang menuntut sistem yang real-time, terintegrasi, dan bebas dari praktik non-akuntabel. Penggunaan layanan perbankan berbasis teknologi dipandang sebagai salah satu instrumen penting dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan anggaran dan distribusi tunjangan kinerja, bantuan operasional, hingga pemanfaatan aplikasi e-payment.
Tak hanya berdampak pada internal Polri, kerja sama ini secara tidak langsung juga memberi sinyal positif kepada masyarakat bahwa Polri terus membuka diri terhadap kemitraan yang memperkuat transparansi dan integritas institusi.
Usai penandatanganan, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama antara pimpinan Polda Kaltim dan BRI Regional Office Banjarmasin—menandai awal dari kolaborasi jangka panjang yang saling mendukung dan berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik.